Ichiban Dorayaki : Doraemon’s Cake

By | 22.19 2 comments


Aku ingin begini, Aku ingin begitu
Ingin ini Ingin itu, Banyak sekali
Semua, semua, semua dapat dikabulkan
Dapat dikabulkan dengan kantong ajaib


Inget dong sama lirik lagu di atas. siapa lagi yang punya kantong ajaib selain doraemon. Kali ini gw bakal nyobain yang namanya Dorayaki, bukan Dora the explorer loh ya. Yup, dorayaki ini menurut cerita tuh kue kesukaannya si doraemon. Sebenernya gw pernah nyobain ni kue pertama kali pas acara bunkasai di kampus dulu. Dulu harganya Rp 5000,- buat 1 pcs kue. Lupa sih nama vendornya apaan. Nah, yang gw cobain kali ini tuh dorayaki dari ichiban dorayaki.

Muter-muter mall kelapa gading cuman buat beli dorayaki ini lumayan cukup menyita waktu gw. Gimana gak coba? Gw yang gak gitu suka ke mall mesti muter-muter mall cuman buat nyari booth dorayaki ini. Lo tau kan betapa luasnya Mall Kelapa Gading, dari MKG 1-3. Mana gw gak pernah apal gerai-gerai di sana. Wajar aja sih, gw jarang merhatiin gerai-gerainya gitu. Sampe gw keliling dari lantai 1-3, huffttt….

Yup, ternyata eh ternyata pemirsa dia nyempil sama booth makanan lain deket Farmers Market. Ealah… klo tau gitu kan gw gak usah muter-muter. Pas sampe booth-nya, mau pesen ternyata malah yang jaga booth lagi istirahat dan baru balik sekitar jam 18.00. Alhasil, gw nunggu deh hampir 30 menitan. Sambil nunggu yang jaga booth-nya dateng, gw liat-liat menu-nya a.k.a varian rasa yang ada di Ichiban Dorayaki. Klo gak salah sih ada rasa coklat, keju, blueberry, strawberry sama kacang merah. Nah, yang asiknya di sini tuh diliatin menu yang kira-kira favorit atau enak tuh yang mana. Ada skalanya loh dari 1-5. Kan klo gitu gak buang-buang makanan klo gak enak dan gw memutuskan buat pesen rasa coklat, keju-coklat, keju-blueberry, sama rasa kacang merah.

Setelah nunggu yang hampir 30 menitan itu, akhirnya yang jaga booth dateng dan langsung buatin pesenan gw. Kurang lebih butuh waktu 20 menit buat kuenya masak, dan klo diperhatiin sih pas masaknya itu teksturnya mirip kayak martabak manis atau kue cubit gitu. Sayangnya, ukuran kuenya masih tergolong tipis sih, beda sama yang waktu gw pertama kali beli duluuuuuu banget. Klo dari segi harga lumayan mahal menurut gw, buat ukuran kue kayak gitu dipatok harga Rp 9000 per pcs. Masih lebih murah dibanding dorayaki vendor yang lain sih. Gw pernah nemuin di salah satu mall harga per pcs-nya ada yang nyampe Rp 15.000, ckckckkk…

Klo dari segi rasa, mirip kayak kue cubit menurut gw. Nyokap malah bilang mirip kayak kue apem, tau kan kue tradisional yang ada toping kismis di atasnya. Gw suka rasa yang coklat, keju sama keju blueberry. Lebih enak lagi klo dimakan pas anget-anget. 

Gw gak tau apa rasa dorayaki di Jepang emang kayak dorayaki di sini (baca : Indonesia). Soalnya, rasanya itu mirip kayak kue-kue yang ada di sini sih, hehehe…


2 komentar: Leave Your Comments

  1. Hallooo Dear Kak Rui Chan
    Apa kabar...terima kasih sebelumnya atas komentarnya. Mau info jika yg di Bunkasai 7 tahun lalu itu juga kita kak, karena memang kita 10 tahun yg lalu jual 5rb selama 3 tahun yg kemudian seiring bahan baku import yg terus naik, jadi harga harus kita sesuaikan kak, namun rasa kita tetap sama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ui, baik nih. Iya itu harga jaman-jamannya bunkasai alias kuliah dulu (ketauan tuwirnya deh gw). mungkin karena udah lama jarang ke bunkasai dan pameran makanan lainnya, jadi gak tau harga sekarang ini. emang wajar sih klo bahan baku naik, harga naik. tapi kualitas rasa tetep yang nomor satu donk. paling enak makan dorayaki pas lagi panas-panasnya, lebih lembut gimana gitu, heheheh ... thanks atas responnya :)

      Hapus