Jakarta Archery Club : Try Something a New Thing

By | 21.21 14 comments



Jangan tanya gw yang macem-macem kenapa gw begini, kenapa gw begitu (doraemon kali…). Gw tau akhir-akhir ini hobi gw lumayan aneh-aneh. Mungkin banyak temen-temen gw yang complain kenapa gw rada berubah akhir-akhir ini. Yaudah lah ya, itu urusan gw. Selama gw gak ganggu mereka kan seharusnya biasa aja.


Nih, salah satu hobi baru gw, mencoba ikutan olahraga extrim. Nembak atau manah contohnya. Sebenernya masih banyak lagi sih, kayak arung jeram, menyelam,dll. Kali ini gw bakal cerita soal archery alias manah. Gak tau apa yang ada dipikiran gw waktu itu, tiba-tiba olahraga ini terlintas dalam pikiran gw dan terus-terusan ngebuat gw untuk cari informasi. Dan akhirnya, a ha…. Gw menemukannya.

Jakarta Archery Club, merupakan klub panahan yang ada di Jakarta. Iseng-iseng, cari lah gw alamat mereka melalui si mbah google. Pinginnya sih nyoba latihannya dulu sehari, klo asik mau dilanjutin. Berbekal keisengan itu akhirnya gw hubungin mereka dan dateng lah ke basenya JAC ini, yaitu di Gelora Bung Karno alias GBK. Jujur aja, gw blom pernah masuk GBK sebelumnya jadi bener-bener gak ngerti area yang ada di dalem itu apa aja. So, gw sampe muter-muter buat sampe ke basenya JAC ini. Capek euyyy….

Jadi JAC ini masih dibawah asuhannya Perpani (Persatuan Panahan Indonesia). Klo masuk sini mending langsung lewat pintu 7 GBK, jadi bisa langsung sampe. Pas pertama kali dateng, langsung kenalan sama yang jaga/ latih di sana namanya Mas Wendy. Karena tujuan gw cuman mau trial, jadi dia cuman kasih dasar memanah aja. Gimana masukin anak panah ke busur, terus cara manahnya gimana. Awal-awal, tangan gw gemetaran terus gara-gara ini busur pertama kali gw pegang agak berat apalagi pas narik tali busurnya.

Oya, sebelum main dipasang dulu pelindung di jari tengah sama ditangan kiri. Jadi pas jepret atau manahnya gak terlalu sakit kena busur nantinya. Tapi gak terlalu ngefek buat gw sih, mungkin karena baru awal-awal latihan gw sering kena jepret juga. Dan hasilnya, “nampar” banget. Nih, tangan gw sampe lebam gini. 

Untuk 2 jam latihan kena charge Rp 100.000,-. Hari latihannya ada yang weekday, cuman gw lupa hari apa aja. Klo weekend juga buka dari jam 10.00 – 18.00, khusus untuk hari minggu biasanya kebanyakan yang latihan itu member di sana. So far sih excited banget pingin ikutan lagi. Olah raga yang gak butuh pemanasan berlebih, wkwkkwkwkkkk…. Tapi tetep bisa buat keringetan. 



Yang bikin gw bingung tuh klo jadi member. Klo sebulan 4 kali latihan, alat latihan disediain, waktu bebas (gak dibatesin, bisa 4 – 8 jam) biayanya sekitar Rp 450.000-an. Klo bayar per-tiga bulanan kena 1,5 juta. Gw agak gak mudeng di sini, kok yang bayar per-tiga bulan malah kena charge lebih mahal ya? 

Klo jadi member, bener-bener dilatih. Gimana caranya manah yang bener. Gimana bisa sesuai dengan target. Apalagi klo targetnya udah jauh banget (diatas 10 meter), itu ada trik-triknya. Yang mau coba belajar memanah bisa ke sini. 

Kapan-kapan gw bakal dateng ke sini lagi buat latihan atau mungkin ke tempat lainnya. Coba sesuatu hal yang baru, hehehe

14 komentar: Leave Your Comments

  1. Halloooo..

    Thanks banget informasinya.
    Gw juga pengen belajar panahan, tapi trial dulu. Btw, pas kena charge 100ribu itu, alat memanahnya disediain kan ya? Nggak kebayang gue, mesti beli busur ama panah dulu. Thank ya infonya.

    Hehhe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkk... iyalah, udah disediain itu alat panah...
      gak sanggup klo coba doang langsung beli alatnya, diatas sejutaan itu panah sama busurnya... thanks udah berkunjung :)

      Hapus
  2. Halo mau tanya, jadi kalo latihan tapi gak jadi member harganya 100rb per dateng? Tapi kalo member jadi 450rb? Lo masih latian disana? Thank you

    BalasHapus
  3. Halo mau tanya, jadi kalo latihan tapi gak jadi member harganya 100rb per dateng? Tapi kalo member jadi 450rb? Lo masih latian disana? Thank you

    BalasHapus
  4. Halo mau tanya, jadi kalo latihan tapi gak jadi member harganya 100rb per dateng? Tapi kalo member jadi 450rb? Lo masih latian disana? Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, klo yang 100rb itu buat trial biasanya, yang mau coba-coba di awal (tapi cuman 1-2 jaman. tapi klo jadi member mesti bayar buat 1 bulan, 3-4 kali latihan, itu di awasin langsung sama coachnya dan dikasih trik-triknya, latihannya sampe puas. gw dah gak latihan lagi di situ, jauuhhh... rumah di bekasi, pas banget ada tempat archery di sini, hehehe

      Hapus
    2. tempat latihan yang dibekasi dimana tuh bro, barangkali ane bisa mampir kesitu...hhe

      Hapus
    3. ente bekasi mana, klo perbatasan jakarta macam deket pondok gede ada... tapi di jalan raya hankam, cuman belom gw tulis di sini bro, belon sempet latihan lagi, wkkwwk...

      so far sih, sekolah deket area ini (terutama SD) eskulnya udah ada archery, hehehe

      Hapus
  5. eihh pas banget tuhh..
    gw d bekasi..
    bekasi ad d mana??tes brp harga ny??
    mnta info yaa..hehhe
    tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, klo di jalan raya hankam ada,,, cuman latihannya sore klo gak salah. klo soal biaya kayaknya standart, sama kisaran Rp 100.000 - Rp 200.000, tapi klo lebih dari Rp 100.000 gak recomen klo cuman buat trial doang...

      kapan-kapan gw tulis deh soal tempatnya, belon sempet latihan lagi ^^V

      Hapus
  6. akhirnya nemu juga, masih ada kan sampai sekarang ? kalau sempet minggu ini mau kesana soalnya, yaaa trial dulu hehe.

    BalasHapus
  7. hALLO...
    Thanks banget buat infonya. Sama aku juga tiba2 terbersit dikepala dan browsing trs ketemu blognya kamu. btw bisa ga share contact mas Wendy buat janji ketemu.. Thanks

    BalasHapus
  8. halo debby,

    aduh gw gak simpen nomornya :(, maklum aja biasanya langsung dateng aja sih. kan pelatihnya juga ganti-ganti sabtu-minggu itu. kecuali pengurusnya. tapi gw gak kenal sama pengurus archerynya :p

    BalasHapus