Roti Lauw : Kenangan Masa Kecil

By | 23.44 Leave a Comment


Gw masih inget betul waktu gw masih kecil, klo ada tukang roti gerobak gw cuman mau beli roti dari gerobak roti Lauw aja. Selama gw pindah rumah, gw gak pernah nemuin roti gerobak ini lagi. Menurut gw di antara semua roti gerobak, cuman roti Lauw doang yang rasanya paling enak. Mungkin klo mereka bisa buka outlet di mall pasti laku. Menyaingi vendor-vendor roti sejenis di sana, sepertinya :).Mungkin si Ownernya berfikiran hanya menargetkan kalangan menengah ke bawah aja. 


Meskipun sekarang ini banyak banget roti-roti gerobak yang lainnya, tapi belom ada yang bisa ngalahin dari segi rasa dan tekstur. Roti Lauw ini teksturnya padet tapi lembut. Isiannya juga berasa banget. Makan satu bener-bener bisa ngeganjel perut yang laper deh. Klo coba beberapa roti gerobak yang lain, kadang suka gak puas. Selain tekstur luarnya yang agak kasar, klo dimakan bikin seret ditenggorokan. 

Oya, “markas”-nya roti Lauw ini ada di Jakarta Timur, kisaran kelender gitu. Makanya klo mau nemuin roti ini harus ada disekitaran daerah itu. Biasanya akan banyak tukang gerobak roti Lauw yang mangkal atau “berkeliaran” di jalan-jalan sekitar situ. Nah, kebetulan aja klo berangkat gw sering ngelewatin daerah situ.

Kebetulan aja, waktu itu gw nemu tukang roti Lauw ini. Yaudah deh, mampir jadinya beli buat yang di rumah juga. Satu yang menurut gw minusnya sih varian rasanya masih kayak yang dulu. Alias rasa-rasa lama kayak coklat, donat, susu, moka, keju, kacang, roti tawar ada roti tradusionalnya juga (cuman gw lupa namanya), abon, nanas, ama pisang coklat. Tapi tetep meski variannya gak berubah cita rasa roti yang khas gak berubah kok, tetep enak menurut gw. Klo gw sih lebih suka coklat keju sama donat. Dna karena penghuni rumah gw pada suka coklat jadi gw beli yang rasa coklat juga.

Harga roti Lauw ini cukup terjangkau kok, sekitar Rp 5000,- sampe Rp 6000,- untuk single roti satu rasa atau rasa campuran. Klo untuk roti tawar kisaran Rp 10.000,- sampe Rp 12.000,-. Masih murah lah gw bilang mah, roti tawarnya juga potongannya lumayan tebel. Klo dulu waktu gw masih kecil, ini roti harganya cuman Rp 2000,- aja. Salut sama roti ini, masih eksis terus meskipun banyak serbuan roti-roti yang lain.






0 komentar:

Posting Komentar