Bakso Lapangan Tembak : The “Jadul” Meat Ball

By | 00.12 Leave a Comment


 Abis latihan nembak mampirlah gw buat makan. Tadinya sih mau makan di Plasa Senayan, tapi karena hari udah sore banget dan gw juga udah ujan-ujanan dari tadi. Jadi dari pada nahan-nahan laper dan makin puyeng, mampirlah gw makan bakso di sebrang lapangan tembak. Apalagi klo bukan Bakso Lapangan Tembak. Mungkin karena deket sama lapangan tembak senayan ini si Owner ngasih nama Bakso Lapangan Tembak.


Kayaknya tempat makan ini gak pernah sepi klo diperhatiin, soalnya satu-satunya resto yang bisa dibilang harganya terjangkau yang ada di daerah lapangan tembak situ. Klo pun ada resto di san, gak akan serame tempat makan bakso ini. Tempatnya pas banget di seberang Perbakin, sampingnya kantor lurah atau camat setempat (apa coba?!). tempatnya gak gitu mewah dan besar sih. Tapi bangku-bangkunya lumayan banyak.


 
Klo dateng ke sini tuh kayak bukan masuk ke tempat makan bakso biasa. Mungkin bisa dibilang nuansanya jadul banget, sekilas kayak resto yang nyediain menu tradisional gitu. Banyak banget lukisan atau potret-potret jaman dulu, lebih tepatnya lukisan atau potret sang pemilik bakso dengan beberapa petinggi yang pernah makan di situ. Bahkan di salah satu lukisan ada Paku Alam juga loh, klo gak salah pemimpin Yogya sebelum Sri Sultan yang sekarang ya? (mohon dikoreksi). Ternyata yang makan di sini tuh gak hanya masyarakat umum, pejabat-pejabat jaman dulu dan beberapa artis pernah makan di tempat ini juga. Dindingnya juga dari bilik bamboo, tempat duduk dan meja makan yang terbuat dari kayu serta tatanan bumbu-bumbu atau krupuk yang ada di meja seperti tempat makan bakso pada umumnya. Tapi entah kenapa, makan bakso di sini emang berasa beda banget.

Karena namanya restoran bakso, jadi gw pesen bakso lah di sini. Sebenernya ada menu lainnya sih kayak sate, nasi goreng, mie goreng,dll. Karena yang terkenal adalah baksonya jadi ya gw pesen baksonya, hehehe…. Waktu itu gw pesen bakso dengan kwe tiaw, jus alpukat dan mix camilan. Gak lengkap rasanya makan bakso gak pake kerupuk, so tambahannya sih gw comot krupuk kulit ama krupuk Bangka yang ada di deket meja gw.


Pas nyobain, beeuuuhhh…. Gak salah deh, rekomen banget. Kuahnya pas banget, basonya juga keliatan fresh (pas dipotong masih keliatan merah). Kwe tiawnya enak. Kuahnya itu udah gak perlu ditambahin bumbu lagi, palingan klo suka pedes tinggal tambahin saus atau sambel. Klo yang suka manis bisa tambahin kecap. Karena gw sukanya bening tanpa campuran apapun, menurut gw begitu aja sih udah nikmat. Sayangnya, mix camilannya datengnya lama banget. Baso udah mau abis baru dateng. Klo mix camilannya rasanya biasa aja, not special.


Nah, yang perlu hati-hati sih klo mau pesen. Soalnya dimenunya itu gak ada harganya. Tadinya gw pikir paling abis sekitar Rp 50.000,- atau kurang dari itu. Dan ternyata habis lebih dari itu, yang mahal itu mix cemilannya. Padahal rasanya biasa aja. Klo baksonya sendiri harganya kisaran Rp 18.000,-an, untuk minumannya mulai dari kisaran Rp 14.000,-an (buat aneka jus).

0 komentar:

Posting Komentar