Citra Life : Problem with bone? (Scoliosis)

By | 19.49 Leave a Comment


 
Sering pegel-pegel? Ada masalah dengan tulang? Mungkin tempat yang satu ini bisa jadi referensi buat kalian. Kebetulan gw emang ada masalah sama posisi tulang gw. Oke, gw kenalin dulu nama tempatnya adalah Citra Life, yaitu klinik Chiropraktik.  Sorry kalo ceritanya menyangkut kesehatan gw ya.


Jadi sebenernya dari SMP gw udah ngerasa klo badan gw ini miring sebelah. Cuman itu dianggap hal biasa aja. Sampe gw lulus kuliah, kok kerja badan gw makin “ringkih” aja. Nyokap udah sempet kasih warning buat gak minum obat terus. Cek ke dokter pun cuman dikasih obat terus. Gak mungkin juga kan minum obat tiap hari? Akhirnya gw liat info di salah satu web mengenai kesehatan tulang. Pergeseran tulang ternyata bisa menyebabkan beberapa syaraf terganggu, salah satunya bisa menyebabkan pusing-pusing, pegel dan sakit yang tidak tertahankan di beberapa titik sendi. 

Sebelumnya gw pernah dateng ke orthopedi, dan katanya sih gw ada skoliosis. Tapi ringan, jadi gak ada masalah gitu. Yaudah, gw gak nerusin sejak itu. Palingan cuman saran dari dokter supaya gw ikut olah raga renang. Tapi, kok makin ke sini badan gw makin “ringkih” aja. Jadi gampang sakit, udah ke dokter syaraf sekali pun cuman di kasih obat-obatan. Nah, pas nemuin artikel salah satu penyebab pusing ada pengaruhnya dengan tulang, gw pun akhirnya cari info mengenai penyakit tulang dan solusinya.

Cari-cari akhirnya nemu mengenai chiropraktik, yaitu koreksi tulang tanpa harus melakukan operasi. Pertama kali dateng, gw agak kaget juga pas dokter chiropraktiknya ngomong klo ternyata skoliosis gw itu kena dua kurva dan termasuk skoliosis medium-berat. Dari situ gw dikasih surat pengantar buat full x-ray dari leher sampai tulang ekor. Dia bilang harus tau derajat kemiringan/ scoliosis berapa, klo masih under 20◦ berarti gak apa-apa. Klo lebih, itu bisa jadi masalah katanya.

Itu juga cari x-ray lumayan susah, karena rumah sakit yang x-ray-nya lengkap cuman beberapa rumah sakit besar dan mahal tentunya. Untungnya gw dikasih tau sama salah satu staff RS. Haji (waktu itu gak jadi x-ray karena mereka belom ada alat secanggih itu) buat cek di RSCM. Datang lah gw ke RSCM Kencana. Dateng ke sana kayak bukan ke RS aja modern, rapih dan fasilitasnya udah canggih semua. Dan akhirnya gw pun melakukan x-ray di bagian radiologinya. 

Hasil x-raynya sungguh mencengangkan, yang gw tau tertulis 37 ◦ dan 42◦. Sepertinya itu hasil yang kurang bagus. Hasil x-ray pun gw kasih ke dokter chiro-nya. Jadi inti penjelasannya gini, “ ini udah kondisi yang medium cenderung ke berat. Kita coba pantau 6 bulan sampe 1 tahun, apa skoliosisnya agresif (bertambah cepat) atau gak. Klo 6 bulan kemudian, bisa sedikit berkurang atau tetap, berarti gak ada masalah. Tapi mesti dipantau terus. Klo ternyata ada penambahan derajat kemiringan, saya harus kembali kan kamu ke dokter orthopedic. Karena mereka yang lebih berhak untuk memberikan tindakan. Untuk saat ini, belom terlalu serius. Hanya menyerang otot, belom sampai menjepit syaraf-syaraf. Efeknya kamu jadi lebih mudah pegal-pegal dan kecapean dibagian skoliosis itu. Efek seriusnya lagi, kemungkinan akan ada penyempitan paru-paru. karena bagian kanan kamu yang skoliosis itu memberikan tekanan (beban) ke organ-organ yang ada di bagian itu.”

Oke, gw speechless. Gak tau mau sedih atau gimana. Gw bingung beneran. Dokternya juga bilang, klo terapi chiro atau pun fisioterapi lainnya tidak bisa menyembuhkan 100%. Hanya bisa mengurangi atau mencegah agar skoliosis tidak bertambah parah. Gw jadi makin kicep. Diem aja denger penjelasan dokternya dan berharap ambil second opinion klo sampe hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. 

Itu sedikit cerita tentang gw, hehehe…. Lanjut, abis dijelasin itu gw langsung diterapi koreksi tulang. Pertama-tama gw kayak dimassage gitu dengan cream menthol kata mbaknya, tujuannya buat merilekskan otot-otot dulu. Dan beda sama massage di spa, agak sakit massage di sini karena mereka massage di titik-titik skoliosisnya L. Abis itu, dokternya baru dateng deh buat koreksi tulang. Gw gak tau alat apaan itu, soalnya posisi gw lagi tengkurep. Berasa kayak ditembak-tembak palu, dan lumayan juga loh. Ngagetin dan agak ngilu (gak gitu sakit sih). Nah, yang paling sakit itu pas lagi dikoreksi posisi. Sampe gw susah napas + tulang kayak bunyi kretek-kretek. Dokter sama mbak asistennya malah ketawa lagi L.  
Dan selese terapi, dokter nyaranin gw buat olah raga gerak yang tidak memberi beban tubuh, kayak jogging, pilates, senam, klo bisa sih renang katanya. Terus gw diajarin stretching buat melenturkan otot dan sendi. Dua kali sehari, 3 set. Fuiihh….

Untuk biaya, bisa dibilang murah untuk terapi sejenis. Soalnya gw pernah cek ke tempat lain (yang praktek dokter bule), sekali terapi bisa Rp 500.000++. Sedangkan di Citra Life, sekitar Rp 300.000,-. Lumayan kan, yang punya dan dokter-dokternya orang lokal. Tapi jangan kuatir, kualitasnya gak diragukan lagi kok.

Udah ah ya, segitu aja pengalaman gw. Tempat oke, pelayanan ramah. Thanks buat dokter dan mbak asistennya yang udah jadwalin terapi gw.

Pesen gw cuman satu “ Jangan pernah menahan rasa sakit, sebelum semuanya terlambat.”




0 komentar:

Posting Komentar