Ayam Goreng Suharti : Dinner with Family :)

By | 23.14 Leave a Comment


Masih balik sama gw, Rui di sini. Kali ini gw mau review salah satu tempat makan yang gak asing lagi. Masih berkutat di dunia per-ayam gorengan, hehehe. Yap, pernah denger dong Ayam Goreng Suharti? Kali ini gw sama keluarga makan malem di sana.


Awalnya cuman mau beli es campur aja sih, muter-muter jalanan gak ada yang cocok (selera orang tua sama anak muda beda). Akhirnya, gak tau sengaja apa gak, bokap gw malah belok ke tempat ini (baca: resto ayam goreng suharti). Pertama kali ke sini gw gak ngeh, kalo ternyata ini adalah ayam goreng suharti yang melegenda itu, alaahhhh apa coba.


Klo dari plang yang gw liat sih, ini makanan ayam goreng khas jogja. Tempatnya juga berciri khas modern tradisional. Meskipun terlihat modern, tapi ornament-ornamennya njawa banget. Belum masuk aja, nuansa jawanya kentel banget, pas masuk bisa liat kendi-kendi dan beberapa hiasan patung keramik tradisional. Hiasan dindingnya juga “kuno”, klo anak sekarang sih bilangnya vintage gitu.


Btw, sorry ya sebelumnya klo fotonya ada yang gak jelas. Maklum amatir plus kondisi malem itu lumayan hujannya. Suasana tempat makannya juga family banget. Kayaknya banyak orang sering dateng ke sini. Baru ada yang selese makan, eh ada yang baru dateng, gitu terus.

Untuk menu makanan, yang pesen nyokap sih. Jadi cuman pesen 1 ekor ayam penyet goreng kremes, sambal goreng ayam, satu lagi gw gak tau nama sambalnya, terus ada lalapan yang komplit banget + banyaknya (baru kali ini gw makan dikasih lalapan sebanyak ini), dan tentunya nasi buat porsi lima orang. Klo minumannya sendiri, biasanya orang tua cukup dengan minum teh tawar anget atau teh manis anget. Ade gw, si gepeng pesen es coklat susu dan gw sendiri lebih milih minum es kelapa muda (kan rencana awal emang belinya es kan, hehehe).

Klo dari segi rasa, gw bilang sih enak. Ayamnya empuk, tapi gak sampe ke tulang-tulangnya sih. Biasanya klo ayam penyet kan, sampai ke tulang-tulang bisa diisep-isep :p. Rasanya gurih ada sedikit manis, untuk kremesnya sendiri gak kriuk banget kayak kremes di ayam goreng yang lain. Tapi bisa dibilang enak, berasa banget bumbunya. Nah, karena ini adalah masakan khas jogja, jadi berasanya ada manis-manisnya gitu, kayak kamu #eaaaa…. Sampe sambel-sambelnya aja berasa manis, gak pedes (jadi makannya pun gw aman, secara gw gak gitu suka yang pedes-pedes). 

Untuk minuman gw sempet nanya ke gepeng rasa minumannya, soalnya dia sama gw doang yang pesen minuman beda dari yang lain. Katanya sih, rasanya kayak minum susu coklat #piiippp sensor nama merk. Gw cuman bisa ketawa aja, udah gitu harganya lumayan booo, wkwkkwkwkkk…. Klo minuman es kelapanya, wah gak nyesel deh. Bener-bener kelapa muda. Rasanya seger, gak terlalu manis. Gw gak tau apa sebenernya udah dikasih gula atau belum. Yang jelas, es kelapanya ajib banget.

Klo dari segi harga sih standar ya, untuk makan berlima dengan menu seperti gw bilang di atas cukup merogoh kocek Rp 250.000,- . Lumayan sih, tapi sebanding sama rasanya. Ya, kadang harga gak bisa boong :p .

Oke, segitu aja. Sampai jumpa di lain waktu, bye-bye.

0 komentar:

Posting Komentar