Bikram Yoga Kuningan : My First Yoga

By | 21.07 Leave a Comment

Halo fellas, seperti yang udah gw bilang sebelumnya klo resolusi tahun ini adalah jadi lebih sehat dan di postingan sebelumnya udah banyak ngebahas tentang coldpressed juice. Kali ini gw udah mulai kombinasikan dengan sedikit olahraga. Sebenernya gw ini orangnya agak males buat olah raga sendirian, tapi klo rame-rame bareng temen juga kurang asik. Kebanyakan ngobrol dan jalannya dibanding latihan L.


Anyway, karena gw ada riwayat sakit khususnya skoliosis, darah rendah, migraine,dll. Dokter pernah kasih saran buat gw klo mau olahraga klo bisa sih kayak berenang, pilates dan yoga. Buat meredakan sedikit rasa sakit, klo-klo sakit gw kambuh lagi. Klo dari beberapa review-an yang pernah ngalamin sakit kayak gw ini sih lebih baik untuk latihan pilates dulu. Sayangnya studionya jauuuh banget dari tempat gw tinggal. Plus, cari jadwal yang sabtu- minggunya buka tuh susah banget.

Dan, akhirnya gw cobain buat ikutan kelas yoga aja. Lumayan lah, studionya bisa diakses sama busway, plus jadwalnya juga cocok banget sama gw nih. Gw ikutan kelas yoga di daerah epiwalk, kuningan. Dibilang jauh sih nggak juga, soalnya ada busway. Pokoknya klo ada akses busway gw “jabanin” deh. Lumayan kan gak panas-panasan atau kehujanan gitu.


Nah, studio yoga yang gw sambangin adalah Bikram Yoga Kuningan yang menitik beratkan pada latihan hot yoga. Gw baru ngeh klo ternyata studio ini termasuk dalam kalangan studio olga premium, secara yang banyak latihan plus instructor-nya adalah expat-expat gitu. Gw jadi minder sendiri. Maklum bahasa inggris gw amburadul plus malu sama perut buncit nih, hehehe :p.


Gw kira latihannya gak bakal susah, secara kan yoga latihannya cuman gitu-gitu doang (klo liat di youtube ye). Ternyata lumayan susah juga. Ini lah kenapa klo mau olga mending ke studio langsung, klo salah gerakan langsung dikoreksi sama instrukturnya. Jadi gak akan salah posisi yang justru bikin tambah sakit.

Ruangan studionya gak gitu besar dan lumayan panas, secara kan hot yoga ya. Suhu ruangannya aja di set 45-50 derajat. 10 menit di dalem aja udah gerah banget rasanya, padahal belum sesi latihan. Latihannya sendiri kurang lebih 1,5 jam-an. Itu aja ditengah-tengah gw udah mau pingsan rasanya. Mungkin efek suhu panasnya itu. 30 menit latihan di awal aja, tiba-tiba penglihatan gw black out gitu. Mungkin karena gw juga punya darah rendah, jadi kecapean dikit rasanya kayak mau pingsan. Padahal latihan yoga ini gak bikin gw ngos-ngosan lho. Tapi berhasil bikin gw lepek banget. Cuman, yaitu ditengah-tengah gw mesti istirahat sebentar, malu lah klo sampe pingsan beneran.

Jadwalnya sendiri fleksibel banget (makanya gw coba latihan di sini), studionya buka dari hari senin – minggu, 3 sesi per hari. Gw sendiri latihan biasanya ambil yang hari sabtu/ minggu jam 3 sore. Dan ini campur cewek sama cowok. Buat mereka mungkin gak masalah ya, tapi buat sebagian orang yang gak terbiasa mungkin agak risih. Secara ada cowok yang sampe telanjang dada dan cewek-ceweknya juga bajunya sekseeehhh (pada betah nih klo cowok-cowok latihan di sini). Gw sendiri cuman bisa geleng-geleng kepala, hahaha…. Rata-rata yang latihan itu ya expat-expat, ibu-ibu muda sampai professional.


Biaya latihan buat single class kisaran Rp 200.000,- itu juga udah sama sewa handuk yoga. Yang gw suka adalah mereka gak pungut biaya member. Biasanya klo di tempat lain lo mesti jadi member dulu baru bayar kelas terpisah. That’s why gw suka banget latihan di sini, gak rugi kayaknya event lo cuman ikutan single class.
Mereka juga punya tempat shower dan ganti baju yang bersih banget. Mereka nyediain sisir sampe hair dryer lho. Pokoknya nyaman deh. Kadang juga disediain pembersih muka, pembalut dan hand body juga. Jadi klo abis latihan di sini, bisa langsung jalan lagi tanpa harus takut bau keringet.

Awalnya gw mikir, klo gw latihan di sini 3 bulan aja. Trus sksd gitu, wah udah makin sehat, bahasa inggris gw makin lancar. Secara kan yang latihan di sini pake bahasa inggris semua,hehehe….  


Sayangnya, bulan maret ini mereka mau pindah ke Jl. Wahid Hasyim. Hiks…. Semoga tempatnya ada akses busway, jadi lebih gampang di jangkau ya. Kapan-kapan klo mereka udah buka lagi (di tempat baru tentunya) gw bakal kasih tau lebih lanjut lagi. Oya, sorry gak ada foto latihannya, maklum klo latihan gak boleh bawa hape. Jadi gw pake ilustrasi aja ya.

Btw, gw masih cari studio pilates yang jadwalnya fleksibel nih. Dimana ya? lumayan klo bosen yoga kan bisa gantian latihannya.


Kapan-kapan gw ceritain lagi soal studio-studio yang lain, oke?! Bye-bye J

0 komentar:

Posting Komentar